Wednesday, January 27, 2016

TINGKAH LAKU MANUSIA MENURUT AL-QUR'AN DAN SUNNAH



PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam dunia pendidikan, ada beberapa aliran yang mempengaruhi tingkah laku manusia, di antaranya adalah Empirisme, yaitu aliran yang beranggapan, bahwa manusia dalam perkembangan pribadinya ditentukan oleh pengalaman dunia luar. Sementara Nativisme berangapan sebaliknya, bahwa manusia dalam perkembangannya ditentukan dari dalam/pembawaan. Dan jika yang pertama dianggap sebagai tesa, maka yang kedua merupakan antitesa. Adapun sintesa dari kedua aliran di atas adalah Konvergensi, yang beranggapan bahwa perkembangan manusia di samping ditentukan oleh faktor bakat/ pembawaan juga oleh faktor lingkungan pengalaman/pendidikan, tergantung dari faktor mana yang lebih dominan.
Dalam al-Qur’an dijelaskan bahwa manusia sejak dilahirkan sudah membawa potensi, yakni potensi dasar/naluri bertuhan, sehingga dengan begitu, secara fitri manusia beragama, tetapi mengapa dalam perkembangannya ternyata ada yang menjadi ateis, musyrik dan sebagainya. Al-Qur’an menyatakan adanya faktor pembawaan, faktor keturunan, dan faktor pendidikan secara bergantian. Contoh kisah Nabi Ibrahim AS. yang tumbuh dari lingkungan keluarga paganis, dan si kafir Kan‘an putra Nabi Nuh AS. tumbuh dari lingkungan yang salih. Sementara Nabi Muhammad SAW. dilahirkan dan didewasakan dalam lingkungan yang menyimpang dari segalanya, yakni pagan, musyrik dan sebagainya, namun demikian beliau tumbuh menjadi manusia yang paripurna, karena adanya faktor X sebagai iradah  (kemauan) manusia dan hidayah (petunjuk) Allah SWT.
B.     RUMUSAN MASALAH
a.       Jelaskan faktor-faktor yang terdapat dalam tingkah laku manusia?
b.      Jelaskan sifat-sifat tingkah laku manusia dalam as-sunah!





PEMBAHASAN

A.  TINGKAH LAKU MANUSIA MENURUT AL QUR’AN
Terdapat beberapa faktor dalam tingkah laku manusia menurut Al Qur’an diantaranya adalah:
1.  Faktor Pembawaan
Yang dimaksud dengan faktor pembawaan di sini adalah suatu keadaan pada diri manusia dan telah ada sejak lahir tanpa adanya unsur ataupun pengaruh dari manapun termasuk dari orang tuanya sendiri. Atau dengan kata lain, suatu keadaan yang dibawa langsung berkat karunia Allah SWT. Berdasarkan penelitian penulis terhadap ayat-ayat yang mengandung bahasan atau yang dapat dikaitkan dengan faktor pembawaan, sedikitnya ada dua ayat dalam surat yang keduanya dalam kategori ayat Makkiyyah, yaitu :
a.       Surat al-A‘raf : 172 :
“Dan ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) : “Bukankah Aku ini Tuhanmu ? “Mereka menjawab” : betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan : “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”[1]
b.      Surat al-Rum : 30 :
      “Maka hadapkanlah wajahmu dengan tunduk kepada agama (Allah), (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.[2]
Dari Surat al-A‘raf ayat 172 tersebut dapat dipahami bahwa sejak dilahirkan, bani Adam (semua manusia tanpa kecuali) bukan tidak membawa apa-apa, bukan tidak berpotensi, bukan kosong sama sekali, melainkan telah memiliki kecendrungan dasar atau naluri bertuhan, bahkan telah mengikat perjanjian primordial dengan Allah SWT. Dengan demikian pada dasarnya semua manusia itu monoteis sebelum datangnya pengaruh dari luar yang membelokkannya.
Menurut Francois L. Patton yang dikutip oleh Mukti Ali, monoteis adalah agama primitif atau agama fitrah manusia. Dia mengatakan : “ yang terlebih penting untuk dicatat adalah, bahwa terlepas dari pernyataan kitab suci prihal ini, terdapat alasan kuat bahwa politeisme, fetitisme dan keberhalaan merupakan pengrusakan dari agama yang lebih penting sebelumnya. Lima ribu tahun yang lalu, bangsa Cina adalah monoteis bukan henoteis, dan monoteis ini ada dalam bahaya pengrusakan, seperti kita saksikan, lewat penyembahan alam di satu pihak, tahayyul di pihak lain.[3]
Pengertian di atas, bahwa manusia terlahir dalam keadaan bernaluri ke-Tuhanan Yang Mahaesa lebih jelas dapat disimak dalam surat al-Rum ayat 30 yang menyatakan bahwa :
·         Semua manusia itu diciptakan berdasarkan fitrahnya, yaitu naluri beragama/tauhid. Sebagaimana disebutkan dalam  Tafsir al-Qur’an al-‘Adim, al-Hafid Ibn Kasir mengatakan : sesungguhnya Allah Ta’ala menciptakan manusia dalam keadaan ma’rifat kepadaNya, mentauhidkanNya dan bahwasanya tidak ada tuhan selain Dia, sebagaimana firmanNya : Dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) : “Bukankah Aku ini Tuhamu ?,mereka menjawab : Benar (Engkau tuhan kami)”.[4]
·         Tidak ada perubahan bagi ciptaan Allah, bahwa semua manusia itu tanpa kecuali terlahir dalam keadaan fitri (beragama/bertauhid). Al-Hafid Ibn Kasir mengatakan : Ulama’ yang lain berpendapat mengenai ayat : La tabdila li khalqillah adalah kalam khabar yang mengandung arti, bahwa Allah SWT. menciptakan semua manusia (tanpa terkecuali) itu dalam keadaan fitri yang berasal dari benih yang baik (lurus), dan tak seorangpun dilahirkan  melainkan dalam keadaan seperti itu, dan ini tidak berbeda antara manusia yang satu dengan lainnya.[5]
 Dan hal ini adalah termasuk ajaran agama (Islam) yang lurus, yang disyari‘atkan sesuai dengan fitrah manusia.
Dalam kerangka psikoanalisis Eric Fromm menyatakan, bahwa manusia itu selalu ditarik oleh unsur jasmaniah dan rohaniahnya sekaligus. Dengan kata lain, dua unsur kehidupan manusia, jasmani dan rohani selalu tarik menarik. Inilah yang menimbulkan ketimpangan (disharmoni).
Oleh karena itu,  salah satu fungsi diturunkannya syari’at adalah untuk memecahkan masalah ketidak seimbangan tersebut. Contoh yang jelas adalah perintah puasa Ramadan. Dalam proses berpuasa itu manusia berusaha mencari keseimbangan baru, baik pada tingkat individu maupun sosial .
Pada tingkat individu, puasa memberikan kesempatan bagi manusia agar mampu mengendalikan dirinya. Di satu pihak, ia harus mengurangi kegiatan pemenuhan hasrat seksual jasmaniahnya dengan menahan makan, minum, hubungan seksual dan amarah. Di pihak lain, ia harus menyuburkan perkembangan batinnya dengan meningkatkan peribadatan.
Pada tingkat sosial, puasa diikuti dengan pembayaran zakat fitrah (bagi yang mampu) diperuntukkan bagi fakir miskin dan yang membutuhkan guna menciptakan keseimbangan  sosial yang mungkin telah rusak karena aktifitas bisnis dan pertumbuhan ekonomi.[6]
Itulah manusia secara fitri memang beragama (bertauhid), yang secara alamiyah memang berpotensi baik. Adapun dalam kenyataannya ada (justru cendrung banyak) yang tidak beragama (Islam) seperti ateis dan musyrik, ataupun yang mengklaim dirinya beragama tetapi perbuatannya kosong dari muatan nilai-nilai religius –misalnya—munafiq, cinta dunia dan takut mati, penipu, koruptor, dikuasai nafsu-nafsu jahat dan lainnya, maka hal di atas perlu pembahasan lebih lanjut.
2. Faktor Keturunan.
Faktor keturunan adalah sesuatu keadaan yang ada pada diri manusia sebagai akibat keterpengaruhan yang diperoleh dari orang tuanya atau orang-orang yang secara genetik ada hubungan darah dengannya.
Faktor heriditas (keturunan) sendiri merupakan sesuatu yang tergolong dalam kelengkapan dasar manusia, karena ia telah ada pada diri manusia sejak masih dalam bentuknya sebagai plasma benih, yang kemudian menjadi salah satu dasar di mana manusia di atas dasar itu mengalami suatu proses pertumbuhan. Dasar ini tak dapat diubah untuk dijadikan bentuk lain. Namun yang diturunkan bukanlah dalam bentuk tingkah laku melainkan strukturnya. Jadi keturunan berlangsung melalui sel benih bukan sel badan. Kecakapan, pengetahuan, sikap yang ada pada orang tuanya yang diperoleh melalui belajar, menurut prinsip perkembangan tidak dapat mempengaruhi sel-sel benih, tetapi terjadi dengan perantaraan proses-proses yang mengandung perubahan tertentu dalam diri seseorang.[7]
Bagaimana kalau struktur itu kemudian mempengaruhi kepribadian atau tipe seseorang, secara implisit hal ini menunjukkan bahwa faktor keturunan memegang peranan pada pembentukan tingkah laku, hanya saja tidaklah mutlak.
Sejauhmana pengaruh keturunan dapat diukur dengan melihat bahwa kita semua adalah keturunan Adam dan Hawa. Mereka baik-baik, namun keturunannya tidak semua baik-baik. Sejauhmana pula sebenarnya batas keturunan dapat dipertahankan kemungkinan pengaruhnya, hal mana membutuhkan penelitian lebih lanjut. Dan ini problem yang masih mengaburkan pembicaraan setiap masalah faktor keturunan hubungannya dengan masalah perkembangan. Selebihnya memunculkan teori pentingnya upaya pendidikan.
Kiranya untuk hal keturunan perlu kita melihat kisah-kisah nyata, semisal kisah Nabi Ibrahim AS. dalam hubungannya dengan prilaku ayahnya. Dan perlu pula melihat bagaimana kenyataan yang dikisahkan al-Qur’an tentang Nabi Nuh AS. dan putranya. Hal ini membuktikan ketidakmutlakan faktor keturunan. Dugaan kita mengenai masalah keturunan ini adalah pentingnya memilih istri yang baik-baik. Artinya, al-Qur’an menawarkan kepada kita dengan kisah itu untuk melihat siapa sebenarnya yang kurang patut disebut keturunan baik-baik, ibunya atau ayahnya. Ibu Nabi Ibrahim tidak terkisahkan sebagai wanita durhaka. Ibu Nabi Ibrahim melahirkan Nabi Ibrahim, sedangkan istri Nabi Nuh melahirkan Kan’an sebagai anak durhaka. Asumsi kita adalah ibu lebih erat, lebih dekat hubungannya secara mendasar sejak kecil dengan anaknya ketimbang dengan ayahnya. Ibu lebih sering memungkinkan mengadakan hubungan pendidikan dengan anaknya. Namun bagaimanapun, hal ini menunjukkan bahwa keturunan tidak mutlak mempengaruhi perkembangan individu seseorang.
3. Faktor Pendidikan
Mengenai pentingnya faktor pendidikan, kisah Nabi Musa patut dikaji secara cermat. Bahkan ia dibesarkan dalam keluarga Fir’aun yang lalim, tetapi istri Fir’aun, ia justru sebagai penentang Fir’aun pelindung keimanan dan bakat yang ada pada Nabi Musa. Bagaimana kedudukan ibu jika jasanya dianalogikan dengan pendidikan. Di sinilah arti penting beberapa usaha, mulai dari do’a sejak mengandung dan begitu anak dilahirkan. Semua menunjuk pentingnya perhatian kita kepada penyelamatan, pemeliharaan dan upaya pengembangan fitrah manusia.
Untuk memperjelas uraian di atas perlu dilihat ayat 10 surat al-Tahrim :
“Allah menjadikan istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada dibawah pengawasan kedua hamba Allah yang salih, diantara hamba-hamba Kami, lalu kedua istri itu khianat kepada kedua suaminya; maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan kepada keduanya; masuklah kedalam neraka bersama-sama orang yang masuk (neraka).”
Ayat di atas menunjukkan kemungkinan kegagalan Kan’an adalah sebagai akibat asuhan ibu durhaka. Kemudian mengenai kemungkinan terpeliharanya fitrah dalam keluarga terdekat beriman, ditamsilkan pada ayat 11  dan 12 surat al-Tahrim:
“Dan Allah membuat isteri Fir’aun (menjadi) perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan (dari) perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang lalim. Dan Maryam puteri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian ruh (ciptaan) Kami; dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya, dan dia termasuk orang yang taat.”  
            Ayat di atas menunjuk pentingnya aspek bimbingan, sekaligus penting nya iradah (kemauan) sebagai taufiq - hidayah Ilahi . Ibu salihah yang menyusui dan mengasuh anaknya lebih berpengaruh sebagai lingkungan efektif dalam rangka penyelamatan awal bagi perkembangan fitrahnya. Musa AS disusui ibunya dan diasuh oleh isteri Fir’aun yang salihah, tumbuh menjadi anak baik, bahkan sebagai rasulullah; demikian pula Isa AS disusui dan diasuh oleh ibundanya (Maryam) yang salihah, tumbuh menjadi pemuda yang hebat dan juga menjadi rasulullah.
Dalam kaitan ini surat al-A’raf ayat 58 menjelaskan:
“Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran Kami bagi kaum yang bersyukur.”[8]
Ali Abdul Adhim menjelaskan ayat tersebut sebagai analogi bagi pentingnya lingkungan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan individu seseorang.[9] Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. :
“Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah, sampai dia bisa berbicara. Sesudah itu, maka orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi.” ( Diriwayatkan oleh Ahmad, ad-Darimiy, an-Nasaiy, Ibn Jarir, Ibn Hibban, at-Tabraniy dan al-Hakim dari al-Aswad bin Suwaid)
            Hadis di atas mempunyai sebab wurud yang menarik, yaitu: al-Aswad bin Suwaid bercerita, dalam suatu peperangan dia bersama Rasulullah SAW. Peperangan tersebut terjadi sangat dahsyat, hingga dua anak dari fihak kuffar terbunuh. Karena semangat jihad yang tinggi, kemenangan berada di pihak kaum muslimin. Namun dengan kabar terbunuhnya dua anak dari pihak kuffar tersebut, Rasulullah SAW. dengan nada kesal bertanya: “Mengapa mereka berlebihan sampai membunuh anak-anak ?” Salah seorang sahabat menjawab: “Wahai Rasulullah, mereka adalah anak-anak orang musyrik juga.” Lalu beliau bersabda:  “Ingatlah, jangan kalian membunuh anak-anak! Ingatlah, jangan kalian membunuh anak-anak !”  Kemudian beliau bersabda: “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah…”
            Dari hadis dan sebab wurudnya di atas dapat dipahami:
(Sekali lagi) bahwa semua anak (tanpa kecuali) terlahir dalam keadaan berpotensi baik, bernaluri tauhid. Bahwa fitrah tersebut bersifat terbuka, dapat dipengaruhi faktor dari luar, dan pendidikanlah (yang dalam hadis ini dilambangkan dengan orang tua) yang mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Faktor pendidikan di sini dapat berupa pendidikan keluarga, pendidikan sekolah ataupun pendidikan masyarakat/lingkungan (atau yang lazim disebut dengan tri pusat pendidikan).


4. Faktor Kemauan (Iradah)
Faktor intern sangatlah penting hubungannya dengan daya pembentukan kepribadian menyesuaikan dengan pola-pola kepribadian menurut al-Qur’an. Faktor itu meliputi fungsi jiwa rohani seperti akal, nafsu, roh, kalbu, dan menurut Nabi SAW. yang terpenting di antara unsur-unsur itu ialah kalbu atau hati, yang di dalamnya terdapat hasrat atau iradah.
Ternyata lingkungan tidak dapat mempengaruhi jiwa yang kuat sempurna itu. Nabi Muhammad SAW. dilahirkan dan didewasakan di tengah lingkungan segalanya, baik keluarga atau masyarakatnya yang sudah jauh menyimpang dari tauhid atau fitrah manusia. Namun kenyataannya beliau justru yang memperbaiki suasana kebobrokan itu. Di sini mudah dibaca adanya faktor lain sebagai rahasia. Itulah faktor X sebagai iradah (kemauan) manusia dan hidayah (petunjuk) Ilahi. Wa Allahu a‘lam.
Karena adanya hasrat dan niat itu maka manusia mencapai kemampuannya dalam kebebasan iradah atau kehendak menyingkapkan tabir kegelapan untuk menemukan cahaya iman. Karena iradah ini, Allah membebankan perintah ibadah kepada manusia dan karenanya maka dijanjikan pahala dan ancaman sebagai siksaan. Dan Allah tidak membebankan sesuatu kepada manusia di luar kemampuannya.[10]
Niat kuat dari hamba Allah untuk berbuat sesuatu, disertai iman kuat pula, akan dapat menyingkirkan krikil-krikil tajam yang senantiasa ada di sekitarnya. Nabi Muhammad SAW. telah sukses sebagai pendidik dalam tempo singkat, di antaranya karena adanya iradah (kehendak) yang kuat, niat yang mantap, didukung oleh iman kuat pula. Ali Abdul Adhim menyebut faktor iradah, sebagai tak kurang pentingnya dalam upaya mempengaruhi kepribadian atau tingkah laku seseorang, memberi bukti dengan menunjuk apa yang tertera dalam surat al-Balad.
Ayat-ayat pada surat tersebut berkesimpulan membuktikan bahwa Allah SWT. menyelamatkan Rasul dari pengaruh lingkungan (paganisme, dosa, dan sesat), sejak beliau kecil hingga dewasa. Diisyaratkan oleh Allah bahwa Dia memberi bekal kepada manusia kekuatan material dan spiritual. Allah memberikan kepada manusia pancaindra, akal, petunjuk, ilham akan jalan menuju kebaikan dan kejahatan. Tak lain, faktor iradah atau kehendak dengan niat yang kuat itulah yang mendorong Nabi beramal demikian gigih. Sabdanya : “Tiada lain (bahwasanya) amal-amal itu tergantung pada (bagaimana) niatnya.”
Kehendak dari Allah pada hakekatnya adalah mengajar kepada manusia untuk memilih dan membuat keputusan serta bertanggung jawab atas pilihannya, atas keputusannya yang telah diambil. Sedangkan kehendak dari manusia pada hakekatnya adalah belajar memilih, menentukan suatu keputusan dengan penuh tanggung jawab. Kehendak yang dibarengi dengan niat, berarti suatu tekad untuk melangkah menuju suatu proses dalam rangka memenuhi tuntutan hatinya. Pada adanya niat itu pula letak penting dan keberartiannya hati, hubungannya dengan kehendak atau iradah.
Jadi hubungannya dengan tingkah laku fitri manusiawi, nafsu dan akalnya selalu bertarung berebut kekuasaan di hati, sangatlah membutuhkan kesehatan akal yang tentu harus ditopang dengan ilmu, belajar dan pendidikan. Faktor suasana hati kiranya lebih penting dan dominan dalam perkembangan kedewasaan manusia dibanding dengan dua faktor lainnya, yaitu pembawaan dan lingkungan. Demi pentingnya aspek intern ini, hampir saja dasar keturunan dan lingkungan tidak berarti sama sekali. Faktor hidayah sebenarnya mengiringi pilihan kebebasan dan ikhtiar manusia sendiri seperti telah disinggung di atas. Hanya saja mana mungkin bagi manusia pada umumnya akal bisa sehat tanpa melalui belajar dan pendidikan, meskipun hanya sekedar sebab, dan bukan merupakan jaminan. Yang jelas akal sehat turut menentukan suasana salihnya hati, sebagai sumber salihnya amal.
B.     TINGKAH LAKU MANUSIA MENURUT AS SUNNAH
Tingkah laku manusia dalam sunnah terbagi ke dalam beberapa sifat, diantaranya:

1.      Sifat Jujur
Jujur dalam Bahasa Arab berarti benar (siddiq). Benar disini yaitu benar dalam berkata dan benar dalam perbuatan.[11] Hadis Nabi mengatakan :
عن ابي مسعود رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم, عليكم بالصدق, فان الصدق يهدى الى البر, وان البر يهدى الى الجنة, وما يزال الرجل يصدق و يتحرى الصدق حتى يكتب عند الله صديقا واياكم والكذب فان الكذب يهدى الى الفجور, وان الفجور يهدى الى النار, وما يزال الرجل يكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عند الله كذابا.
Dari ibn Mas’ud ra, ia berkata : Bersabda rasulullah saw; Wajib bagi memegang teguh perkataan benar, karena perkataan benar membawa kebaikan, dan kebaikan itu mengajak ke Sorga. Seseorang yang senantiasa berkata benar, sehingga dituliskan disisi Allah sebagai orang yang berbuat benar (jujur). Dan jauhilah berkata dusta, karena kata dusta itu membawa kejahatan, dan sessungguhnya kejahatan itu mengajak ke neraka. Seorang pria yang senantiasa berkata dusta, maka dituliskan disisi Allah sebagai pendusta besar.[12]
Berlaku jujur dengan perkataan dan perbuatan, mengandung makna, berkata harus sesuai dengan yang sesungguhnya, dan sebaliknya jangan berkata yang tidak sesuai dengan yang sesungguhnya. Dan perkatan itu disesuaikan dengan tingkah laku perbuatan, sebagaimana yang dijelaskan dalam surat at-Taubah ayat 119.
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّـٰدِقِينَ (١١٩)
Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.”
Sikap jujur, merupakan salah satu fadhilah yang menentukan status dan kemajuan perseorangan dan msyarakat. Menegakkan prinsip kejujuran adalah salah satu sendi kemaslahatan dalam hubungan antara manusia dengan manusia dan antara satu golongan dengan golongan yang lain.[13]
Dampak dari sifat jujur adalah menimbulkan rasa berani, karena tidak ada orang yang merasa tertipu dengan sifat yang diberikan kepada orang lain dan bahkan orang merasa senang dan percaya terhadap pribadi orang yang jujur. Pepatah ada mengatakan “berani karena benar, takut karena salah”.
Sifat Jujur tidak dapat dimiliki dan dilaksanakan dengan baik dan sempurna oleh orang yang tidak kukuh imannya. Orang beriman dan takwa, karena dorongan iman dan taqwanya itu merasa diri wajib selalu berbuat dan bersikap benar serta jujur. Sebagaimana dijelaskan Allah dalam surat az-Zumar ayat 33.
وَٱلَّذِى جَآءَ بِٱلصِّدۡقِ وَصَدَّقَ بِهِۦۤ‌ۙ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ (٣٣)
“dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.”
Hadis rasul mengatakan :
رحم الله امراء اصلح من لسانه و اقصر من عنانه والزم طريق الحق مقوله ولم يعود الخطل مفصله.(رواه ابن عدي)
“Mudah-mudahan Allah akan merahmati orang-orang yang memperbaiki lidahnya, memendekkan tali kekangnya, melazimi perkataan-perkataannya dijalan kebenaran dan tidak membiasakan anggota-anggotanya berbuat tidak benar”. (riwayat Ibn  ‘Adi)”[14]
2.      Lawan Sifat Jujur
Lawan dari jujur adalah pembohong (kazzib), yaitu orang yang berbicara tidak sesuai dengan apa yang sesungguhnya apa yang ada dihatinya.[15] Dia mengatakan A, tetapi di hatinya sesungguhnya B. Sifat bohong membawa bencana bagi pribadi dan masyarakat.
Dalam islam dijelaskan tanda-tanda pembohong yaitu : Hadis Nabi mengatakan :
حديث ابى هريرة عن النبى صلى الله غليه وسلم قال: اية المنافق ثلاث: اذا حدث كذب, واذا وعد اخلف, واذا ؤتمن خان.
“Abu Hurairah r.a, berkata : Nabi saw bersabda : Tanda seorang munafiq itu tiga : Jika berkata-kata berdusta. Jika berjanji menyalahi janji. Dan jika diamanati berkhianat.”[16]
Dari Hadis di atas menunjukkan ada tiga tanda orang munafiq, apabila berkata ia berdusta, apabila berjanji dia ingkar dan apabila diberi amanah dia khianat. Dari ketiga hal tersebut semuanya memerlukan kejujuran, dalam artian, apabila berkata: harus dikatakan yang sejujurnya, apa yang kita lihat dan rasa, harus dikatakan dengan yang terlihat dan yang dirasakan tersebut tanpa menguranginya sedikitpun. Kemudian apabila berjanji, harus melaksanakan apa yang telah dijanjikan, tanpa mengingkarinya sedikitpun. Kemudian apabila diserahi amanah, harus jujur melaksanakan amanah itu, dengan melaksanakan sepenuhnya.
Ketiga hal tersebut apabila terlaksana maka terhindarlah dari sebutan orang munafiq dan sebaliknya melaksanakan sifat jujur, akan dicatat disisi Allah sebagai seorang yang jujur, dan apabila berbuat bohong maka dicatat disisi Allah sebagai  seorang  pembohong.
Hadist rasul mengatakan:
داع ما يريبك الى مالا يريبك.
“Tinggalkanlah yang engkau ragukan kepada apa yang tidak engkau ragukan. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada ketenangan dan dusta itu menimbulkan keragu-raguan.”[17]
Dalam masyarakat yang sudah merajalela dusta dan kecurangan maka akibatnya akan kacau dan kalut. Kecurangan dalam administrasi umpamanya hanya akan mempercepat kehancuran masyarakat itu sendiri. Satu-satunya jalan untuk mencegahnya, ialah dengan mengembalikan keadaan itu kepada prinsip-prinsip kebenaran. Dalam bidang ekonomi umpamanya, sukatan dan timbangan dikurangi. Manipulasi dalam jual beli dan lain-lain, menjadi sumber dan terbukanya pintu-pintu korupsi, semuanya itu menimbulkan bencana dan kerusakan.
Orang yang melakukan perbuatan dusta adalah orang yang lemah imannya, karena orang tidak berimanlah orang yang tidak dapat melaksanakan perbuatan jujur. Jika ada iman di dalam hati, maka selalu terasa akan diawasi oleh Allah SWT dimanapun ia berada dan apapun yang diperbuatnya. Oleh karena apabila ia hendak melakukan perbuatan dusta maka ia merasa dilihat oleh Allah. Hal ini dijelaskan Allah dalam surat an-Nahl ayat 105.
إِنَّمَا يَفۡتَرِى ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِـَٔايَـٰتِ ٱللَّهِ‌ۖ وَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡڪَـٰذِبُونَ (١٠٥)
"Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka Itulah orang-orang pendusta.”
Hadis Nabi mengatakan :
قيل للنبى صلى الله عليه وسلم. ايكون المؤمن جبانا؟ قال: نعم, قيل: افيكون بخيلا؟ قال: نعم, قيل: افيكون كذابا؟ قال: لا. Ditanya kepada Nabi saw. Adakah seorang mukmin itu penakut?. Nabi menjawab: ya. Adakah seorang mukmin itu kikir?. Nabi menjawab: Ya. Apakah seorang mukmin itu pendusta. Jawab Nabi ; Tidak”. [18]
Dalam Al-quran dijelaskan Allah bahwa sekeji-keji dusta adalah dusta kepada Allah dan Rasul-Nya sebagai dalam surat az-Zumar ayat 60.
وَيَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِ تَرَى ٱلَّذِينَ كَذَبُواْ عَلَى ٱللَّهِ وُجُوهُهُم مُّسۡوَدَّةٌ‌ۚ أَلَيۡسَ فِى جَهَنَّمَ مَثۡوً۬ى لِّلۡمُتَكَبِّرِينَ (٦٠)
“Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat Dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri?.”
Orang yang meninggalkan kebenaran, mempergunakan dusta untuk memperoleh suatu manfaat atau menolak suatu melarat, atau untuk melepaskan maksud hati terhadap musuh, adalah orang berjiwa rendah, walaupun ia dalam kedudukan tinggi-mulia. Segala hasil yang diperoleh dengan dusta, tidak ada sedikitpun
3.      Berbohong yang Dimaafkan
Ada hadis Nabi yang menjelaskan tentang kebolehan berbohong sebagaimana sabdanya:
حديث ام كلثوم بنت عقبة, انها سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ليس الكذاب الذى يصلح بين الناس. فيمنى خيرا, او يقول خيرا.
“Ummi Kalsum binti Uqbah telah mendengar rasulullah saw bersabda: Bukan pendusta seorang yang mendamaikan (memperbaiki) sengketa sesama orang, lalu berkata baik atau mengusahakan kebaikan.”[19]
Dari Hadis ini, dapat dipahami boleh berdusta dengan tujuan untuk mendamaikan orang yang bersengketa, ataupun dengan tujuan-tujuan kebaikan. Bukan tujuan-tujuan muslihat yang jelek.
يُثَبِّتُ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ بِٱلۡقَوۡلِ ٱلثَّابِتِ فِى ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا وَفِى ٱلۡأَخِرَةِ‌ۖ وَيُضِلُّ ٱللَّهُ ٱلظَّـٰلِمِينَ‌ۚ وَيَفۡعَلُ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ (٢٧)
“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan Ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.”
Jika prinsip kejujuran telah membudaya, maka akan tegaklah suatu masyarakat yang harmonis, aman dan sentosa seperti halnya pribadi mukmin yang hatinya selalu merasa aman dan damai karena berkata dan bertingkah laku yang benar. Seperti Firman Allah menjelaskan dalam surat Ibrahim ayat 27 diatas.





PENUTUP
A.  Kesimpulan
A.    Terdapat beberapa faktor dalam tingkah laku manusia menurut Al Qur’an diantaranya adalah:

1.      Faktor Pembawaan
Yang dimaksud dengan faktor pembawaan di sini adalah suatu keadaan pada diri manusia dan telah ada sejak lahir tanpa adanya unsur ataupun pengaruh dari manapun termasuk dari orang tuanya sendiri. Atau dengan kata lain, suatu keadaan yang dibawa langsung berkat karunia Allah SWT.
2. Faktor Keturunan.
Faktor keturunan adalah sesuatu keadaan yang ada pada diri manusia sebagai akibat keterpengaruhan yang diperoleh dari orang tuanya atau orang-orang yang secara genetik ada hubungan darah dengannya.
3. Faktor Pendidikan
Mengenai pentingnya faktor pendidikan, kisah Nabi Musa patut dikaji secara cermat. Bahkan ia dibesarkan dalam keluarga Fir’aun yang lalim, tetapi istri Fir’aun, ia justru sebagai penentang Fir’aun pelindung keimanan dan bakat yang ada pada Nabi Musa. Bagaimana kedudukan ibu jika jasanya dianalogikan dengan pendidikan. Di sinilah arti penting beberapa usaha, mulai dari do’a sejak mengandung dan begitu anak dilahirkan. Semua menunjuk pentingnya perhatian kita kepada penyelamatan, pemeliharaan dan upaya pengembangan fitrah manusia.
4. Faktor Kemauan (Iradah)
Faktor intern sangatlah penting hubungannya dengan daya pembentukan kepribadian menyesuaikan dengan pola-pola kepribadian menurut al-Qur’an. Faktor itu meliputi fungsi jiwa rohani seperti akal, nafsu, roh, kalbu, dan menurut Nabi SAW. yang terpenting di antara unsur-unsur itu ialah kalbu atau hati, yang di dalamnya terdapat hasrat atau iradah.
B.     Tingkah laku manusia dalam sunnah terbagi ke dalam beberapa sifat, diantaranya:

1.      Sifat Jujur
Jujur dalam Bahasa Arab berarti benar (siddiq). Benar disini yaitu benar dalam berkata dan benar dalam perbuatan.
2.    Lawan Sifat Jujur
Lawan dari jujur adalah pembohong (kazzib), yaitu orang yang berbicara tidak sesuai dengan apa yang sesungguhnya apa yang ada dihatinya. Dia mengatakan A, tetapi di hatinya sesungguhnya B. Sifat bohong membawa bencana bagi pribadi dan masyarakat.
3.      Berbohong yang Dimaafkan
Ada hadis Nabi yang menjelaskan tentang kebolehan berbohong sebagaimana sabdanya:
حديث ام كلثوم بنت عقبة, انها سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ليس الكذاب الذى يصلح بين الناس. فيمنى خيرا, او يقول خيرا.
“Ummi Kalsum binti Uqbah telah mendengar rasulullah saw bersabda: Bukan pendusta seorang yang mendamaikan (memperbaiki) sengketa sesama orang, lalu berkata baik atau mengusahakan kebaikan.”
Dari Hadis ini, dapat dipahami boleh berdusta dengan tujuan untuk mendamaikan orang yang bersengketa, ataupun dengan tujuan-tujuan kebaikan. Bukan tujuan-tujuan muslihat yang jelek.




DAFTAR PUSTAKA

Ab­i ‘Isa Muhammad ibn ‘Isa ibn aurah, Sunan at-Tirmizi, Juz V, (Mesir : Syarikah          Maktabah wa Matba’ah Mujtafa al-Babi al-Halabi, 1968)
Ali Abdul Adhim dalam Ahmas, 1989
Dawam Raharja, dalam Ulum al-Qur’an Jurnal Islam dan Kebudayaan, Bagian Ensiklopedi al-Qur’an : Fitrah (Jakarta : Aksara Buana, 1992)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta : 1989), 250.
Hamzah Ya’cub, Etika Islam, (Bandung : Diponegoro, 1983)
Imaduddin Ibn Kasir, Tafsir al-Qur’an al-‘Adim, Jilid I (Beirut : Dar al-Fikr, 1970
Muhammad Fu`ad ‘Abdul Baqi. Al-Mu’jam al-Mufahras li al-Faz al-Quran al-Karim, (Indonesia: Maktabah Dahlani, T.th) juz. I
T.M. Hasbi as-Siddiqy, Al-Islam I, (Semarang : Pustaka Rizki Putra, 1998)
Witheringthon, dalam MZ.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bulan Bintazng, 1976)







[1]. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta : 1989), 250.
[2]. Ibid., 645.
[3]. Dawam Raharja, dalam Ulum al-Qur’an [Jurnal Islam dan Kebudayaan, Bagian Ensiklopedi al-Qur’an : Fitrah] (Jakarta : Aksara Buana, 1992), 41
[4]. Imaduddin Ibn Kasir, Tafsir al-Qur’an al-‘Adim, Jilid I (Beirut : Dar al-Fikr, 1970), 358.
[5]. Ibid., 359.
[6]. Dawam Raharjo, 43.
[7]. Witheringthon, dalam MZ.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bulan Bintazng, 1976), 125.
[8]. Ibid., 231.
[9]. Ali Abdul Adhim dalam Ahmas, 1989, 122.
[10]. Ibid., 128.
[11]. Hamzah Ya’cub, Etika Islam, (Bandung : Diponegoro, 1983), hlm.102
[12]. Ibn hajar al-‘Asqalani, Op.cit, hlm.776
[13]. Hamzah Ya’cub, Op.cit, hlm.102
[14]. T.M. Hasbi as-Siddiqy, Al-Islam I, (Semarang : Pustaka Rizki Putra, 1998), hlm.670
[15]. Ibid,  hlm.669
[16]. Muhammad Fu`ad ‘Abdul Baqi. Al-Mu’jam al-Mufahras li al-Faz al-Quran al-Karim, (Indonesia: Maktabah Dahlani, T.th) juz. I, hlm. 12
[17]. Ab­i ‘Isa Muhammad ibn ‘Isa ibn aurah, Sunan at-Tirmizi, Juz V, (Mesir : Syarikah Maktabah wa Matba’ah Mujtafa al-Babi al-Halabi, 1968), hlm 613
[18]. Hasby as-Siddiqy, Op.cit, hlm.671
[19]. Muhammad Fu’ad Abd al-Baqi, Op.cit, Juz II, hlm.198 Menurut Hasby as-siddiqy, Hadis-Hadis dan cerita-cerita yang mengandung pengertian, bahwa Nabi-Nabi pernah juga berdusta adalah palsu, semuanya tertolak, karena bohong. Jika Nabi berdusta, maka hal itu terang-terangan berlawanan dengan penetapan Al-quran dan akal sejahtera. Tetapi lebih lanjut ia mengatakan dalam keadaan tertentu dan untuk maksud baik, diperbolehkan dalam bentuk sindiran. Hasby as-Siddiqy, Ibid, hlm 670 dan 673

No comments:

Post a Comment

SUKU BUNGA

Pegertian Bunga Bank Bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kep...